Pesona Keindahan Air Terjun Curug Cipendok

Pagi menjelang, sinar matahari bersinar dengan terangnya. Weekend adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa setelah penat oleh  kegiatan di kampus. Kali ini kami berencana untuk mencari suasana baru dari padatnya aktivitas kota Purwokerto. Yaa, Curug merupakan salah satu tempat yang bisa menghilangkan kejenuhan dari padatnya aktivitas di kota Purwokerto. Setelah kami telusuri  beberapa Curug yang berada disekitar daerah Purwokerto melalui sosmed, kami tertarik dengan salah satu Curug yang katanya sangat rekomendasi untuk menghilangkan kejenuhan. Curug apa kira kira? Yaa jawabannya adalah Curug Cipendok.

Setelah bersiap, kami langsung otw ke lokasi yang dituju. Jaraknya  lumayan jauh dari pusat kota. Kami berangkat berdua menggunakan sepeda motor. Menelusuri jalan yang padat sampai akhirnya kami masuk ke daerah yang masih berada di kota tetapi suasananya seperti desa. Ternyata jalannya cukup ekstrim, tetapi tidak menciutkan nyali kita untuk sampai ke lokasi malah semakin membuat kami penasaran. Disepanjang perjalanan kami banyak bercerita, sehingga tidak terasa lokasi curugnya sudah semakin dekat. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit akhirnya sampai juga di pintu masuk Curug Cipendok.

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata Curug Cipendok, harga tiketnya sangat terjangkau bagi kami yang masih mahasiswa. Yap harga tiketnya cuma 10.000 per orang. Setelah membayar tiket masuk, kita langsung melanjutkan perjalanan. Disepanjang perjalanan menuju Curug, kami disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dari atas pegunungan kami bisa melihat padatnya kota Purwokerto. Oya, kenapa dari atas pegunungan? Jadi lokasi Curug nya ada di pegunungan ya gaess. Selain itu kami juga disuguhkan dengan hutan Pinus yang masih sangat asri dan terawat. Suasananya yang sejuk dan jalannya yang sepi membuat kami berhenti sejenak. Tidak lupa kami juga mengambil foto dijalan hutan Pinus ini. Fotonya sangat estetik ya gaes.

Lanjut jalan ke lokasi tujuan utama yuukkk. Yap tidak butuh waktu lama lagi kita sudah sampai diparkiran wisata Curug Cipendok. Parkirannya cukup luas ya gaes. Jadi bagi kalian yang mau piknik bareng keluarga bawa mobil jangan khawatir nanti mau parkir dimana yaa. Tempat parkirannya juga nyaman untuk istirahat menghilangkan lelah setelah perjalanan jauh. Selain luas juga sangat rindang ya gaes, suasananya masih asri dan adem karena dikelilingi pepohonan disekitarnya.

Setelah istirahat sejenak diarea parkiran, kita lanjut menelusuri jalan setapak yang agak menanjak. Walaupun jalannya lumayan menanjak tapi tidak menyurutkan semangat kita buat liat Curug Cipendok yaa. Disepanjang perjalanan kami banyak berpapasan dengan wisatawan lain. Ada juga warung warung kecil yang menyediakan berbagai minuman dan makanan khas setempat. Bagi yang merasa lelah bisa mampir dulu ke warung yaa. Oke kita lanjut, setelah menempuh jalan setapak sekitar 5 menit, kita mulai bisa mendengar gemericik air dari curugnya, udaranya terasa semakin sejuk , membuat kami semakin penasaran. Jalan terus kami telusuri, hingga akhirnya kami dapat melihat keindahan Curug Cipendok. Curug yang terletak ditengah tengah pegunungan dengan dikelilingi pohon pohon rindang disekitarnya membuatnya terkesan sangat cantik. Air yang sangat jernih mengalir dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter. Betapa indahnya ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa. Pemandangan yang sangat memanjakan mata untuk dipandang.

Setelah puas menikmati keindahan Curug, saatnya kami berswafoto. Di lokasi tersedia tempat untuk berswafoto bagi para pengunjung. Tentunya kami juga tidak melewatkan hal itu. Banyak foto yang kami ambil. Tidak lupa kami juga Selfi selfie ya gaess. Setelah puas foto foto kami turun ke bawah yaitu tempat dasar jatuhnya air dari Curug Cipendok. Kami merasakan percikan percikan air menyapa kulit kami. Sangat segar itulah kesan pertama yang kami rasakan. Kami semakin mendekat ke genangan air tempat jatuhnya Curug. Karena tempatnya berbatuan, kami melepaskan alas kaki yang kami pakai. Berjalan menelusuri bebatuan yang lumayan licin, kami merasakan kaki mulai basah terkena air. Kami duduk di bebatuan yang agak besar sambil memejamkan mata, menghirup udara yang sangat segar dan menikmati percikan air yang menyapa kulit.  Kemudian kami bermain air dengan saling menciprat cipratkan. Semakin lama kami merasa semakin dingin karena pakaian kami mulai basah akibat bermain air. Sebelum meninggalkan lokasi, tidak lupa kami mengabadikannya dengan banyak foto dan video. Setelah puas kami bergegas naik lagi untuk pulang.

Bagi yang penasaran sama lokasi wisata Curug Cipendok, jadi lokasinya itu beralamat di Dusun II Lebaksiu Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Kalian bisa mengunjungi obyek wisata Banyumas satu ini menggunakan kendaraan roda 2 maupun 4. Dengan jarak yang ditempuh sekitar 23 km ketika berangkat dari pusat kota Purwokerto.

Jika kalian ingin mengunjungi obyek wisata air terjun Curug Cipendok Banyumas namun bingung rute jalan yang harus dilalui. Jangan khawatir, akses peta lokasi dari Sikidang dibawah ini untuk memudahkan perjalanan liburan anda di Curug Cipendok.

Destinasi wisata alam air terjun Curug Cipendok juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti:

- Area parkir kendaraan wisata

- Perkemahan Bumi Ayu

- Mushola

- Wahana bermain anak-anak

Waktu operasional dari tempat wisata  ini adalah setiap hari. Jam bukanya dimulai dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB

Nikmati perjalanan liburan yang lebih menyenangkan dengan sajian pesona keindahan air terjun Curug Cipendok dan fasilitas yang ada. Sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman-teman, dan orang tersayang lainnya.